+62 81808449919 admin@parametermedia.id Jl. Pondok Labu No 1, ID

Apa Yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Bisnis Marketplace

Bisnis Pasar online atau marketplace sangat popular . Keberhasilan platform seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Elevenia telah membuktikan bahwa model marketplace sangat skalabel dan dapat diterapkan untuk hampir semua bidang bisnis. Sebagai salah satu perusahaan VC teratas, Andreessen Horowitz, katakan: “Ini baru permulaan”.

Di tahun-tahun yang akan datang, kita akan melihat inovasi luar biasa di bidang membangun dan menjalankan marketplace. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk menjadi pengusaha pasar kecuali sekarang.

Meskipun waktunya tepat — dan teknologi itu akhirnya cukup matang — membangun pasar yang sukses tidaklah mudah. Dalam artikel ini, kami ingin berbagi apa yang telah kami pelajari tentang membangun pasar online yang sukses.

Namun, sebelum kita mulai,  harus diperhatikan bahwa: tidak ada jalan pintas untuk meluncurkan pasar online dan membuatnya sukses. Memiliki strategi yang baik dan mempunyai pengetahuan lebih adalah penting, tetapi Anda tetap harus siap untuk kerja keras untuk mengembangkan komunitas Anda dan membuatnya berkembang.

Artikel pertama ini akan memberikan gambaran  dari banyak hal yang diperlukan untuk membangun pasar yang sukses. Ini termasuk:

 

  • Mengapa marketplace sangat booming
  • Apa tantangannya adalah membangun bisnis Marketplace
  • Mengapa penting untuk memahami motivasi visi dan misi
  • Mengapa cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukannya sesegera mungkin
  • Mengapa melibatkan pengguna atau konsumen harus menjadi prioritas utama

Dalam penjelasan selanjutnya dari panduan ini kita akan mempelajari lebih dalam subjek-subjek ini.

 

Marketplace adalah bisnis hebat

Pertama kali saya mengunjungi tokopedia, saya kagum. Desain dan fungsinya sangat bagus. Setiap kali saya menunjukkannya kepada seseorang, mereka mrnyukainya. Banyak dari mereka langsung mulai mencoba dan setelah itu memberitahukan kepada teman sahabat kolegha dan lingkungan skeitarnya.

Hingga Desember 2017, pendanaan untuk proyek-proyek yang merupakan bagian dari industri Collaborative Economy seperti marketplace sudah hampir lima kali lipat dari jaringan sosial yang paling sukses (termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, dan YouTube). Sejak itu, jurang tersebut semakin bertambah. Jika pengaruh media sosial di masyarakat kita belum pernah terjadi sebelumnya, kita dapat membayangkan efek seperti apa yang dimiliki oleh platform kolaborasi ini.

Kami berbicara tentang industri muda dengan potensi besar untuk pertumbuhan. PwC melakukan studi tentang ukuran pasar global dari ekonomi kolaboratif. Mereka menemukan bahwa ukuran industri saat ini sekitar $ 15 miliar, dan mengharapkannya tumbuh menjadi $ 335 miliar pada 2025.

 

Ukuran pasar global dari ekonomi kolaboratif akan tumbuh hingga $ 335 miliar pada 2025

 

Alasan utama bisnis marketplace sangat baik adalah Anda tidak perlu memiliki stok barang sendiri untuk menjalankannya. Tokopedia tidak memiliki barang apapun untuk dijual, tetapi itu sudah dianggap sebagai salah satu produk miliknya. Ini adalah kondisi yang sangat menarik: Anda dapat membangun bisnis besar tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk membeli persediaan barang, dan dengan demikian tidak mengambil banyak risiko.

Lima tahun yang lalu, konsep ekonomi berbagi atau kolaboratif tidak ada. Ketika saya mulai mencari cara membangun platform pada akhir 2009, situs web pasar yang paling terkenal adalah Ebay, Craigslist, dan forum jual beli. Saat ini, ribuan pengusaha menciptakan pasar online generasi berikutnya di berbagai sektor.

 

Membangun pasar online yang berhasil tidaklah mudah

 

Meyakinkan orang-orang di insonesia untuk berbelanja online tidaklah mudah. mengingat tidak semua wilayah di indonesia sudah tersentuh dengan kemajuan tekhnologi internet pada khususnya yang merupakan syarat penting untuk berbelanja online.

 

Apa yang ingin Anda capai?

 

Sebelum Anda disibukan dengan bagaimana mengembangkan pasar Anda, Anda harus meluangkan waktu untuk merenungkan tiga hal: mengapa, apa dan bagaimana.

Mengapa Anda ingin membuat bisnis pasar online? Apakah karena Anda lelah bekerja untuk perusahaan lain? menghasilkan banyak uang, atau membangun bisnis sampingan yang menguntungkan. Apa pun alasannya, mengartikulasikan motivasi Anda yang sebenarnya untuk menjadi seorang pengusaha adalah penting karena strategi Anda akan bergantung padanya.

Jika rencana Anda adalah membangun bisnis kecil dan akhirnya mendukung diri sendiri dan mungkin staf kecil, mungkin masuk akal untuk fokus pada pasar yang lebih kecil. Jika sebaliknya rencana Anda berbeda dan Anda berharap untuk mengumpulkan uang dari pemodal ventura, pasar Anda harus sangat besar. Dalam artikel hebat ini, Marc-Arthur Gauthey dari Startupassembly.co menjelaskannya seperti ini:

– Coba jelaskan kepada investor bahwa Anda ingin membuat hubungan di antara orang-orang, dan dia akan menanyakan berapa banyak mereka akan membayar. Orang-orang ini berpikir secara eksklusif dengan huruf besar: ROI, BFR, EBITDA, dan IPO.

– Anda tidak meningkatkan modal tanpa pendekatan pasar yang sangat baik, masalah nyata untuk ditangani, strategi bisnis yang jelas (ini juga termasuk visi jangka panjang), dan spreadsheet Excel yang memproyeksikan investor Anda menjadi seorang jutawan … Begitulah cara kerjanya.

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa yang sedang Anda rencanakan. Apakah Anda benar-benar bersemangat tentang ide tertentu, atau apakah Anda mencari ceruk yang menguntungkan? Babak kedua kami akan fokus pada topik ini, tetapi penting untuk diingat bahwa membangun pasar membutuhkan banyak dedikasi. Semakin bersemangat Anda tentang bidang subjek, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil.

Akhirnya, Anda perlu mencari tahu cara membangun platform pasar Anda. Apakah Anda tahu cara menulis kode pemrograman? Jika tidak, apakah Anda punya uang untuk menyewa pengembang? Apakah Anda memiliki pengalaman sebelumnya menjalankan startup? Apakah Anda memiliki pengalaman sebelumnya di pasar sasaran? Apakah Anda memiliki salah satu pendiri atau apakah Anda sendiri? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan strategi terbaik untuk mengembangkan ide Anda. Kami merekomendasikan untuk bersikap pragmatis, dan mempertimbangkan baik kekuatan dan kelemahan Anda — pengalaman profesional, pendidikan, kontak awal, dan sumber keuangan Anda. Ini akan memengaruhi cara Anda memulai bisnis Anda.

Kebanyakan startup hebat dibangun oleh tim pendiri yang sangat cerdas. Namun, jika Anda tidak memiliki tim yang ahli di sekitar Anda (namun) tetapi masih ingin melakukan sesuatu yang besar, jangan khawatir — ada cara untuk bergerak maju dengan bisnis Anda bahkan jika Anda adalah satu-satunya pendiri tanpa keahlian teknis. Dalam beberapa kasus, kendala ini dapat benar-benar menguntungkan Anda.

 

Bangun Platform Sederhana Anda yang layak sesegera mungkin

Walaupun kecanggihan platform anda sangat relevan dengan keberhasilan pasar Anda, itu tidak menjamin untuk membuatnya berhasil. Banyak kasus pengusaha memaksimalkan sumber daya awal mereka dalam pengembangan platform mereka, dan kemudian menyadari bahwa tidak ada orang yang tertarik menggunakannya. Saya menyebut pasar yang dibangun dengan teknologi baik tetapi gagal dalam menarik pengguna.

Selama fase awal proyek, tujuan utama Anda adalah mengembangkan dan meluncurkan Produk Berkelanjutan Minimum atau Minimum Viable Product (MVP) sesegera mungkin. Ini akan membantu Anda memvalidasi ide pasar Anda tanpa harus mengambil risiko besar dan menginvestasikan banyak modal. Proses pembelajaran akan dimulai setelah Anda memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada pengguna Anda, jadi penting untuk mencapai titik itu sesegera mungkin. Produk pertama Anda harus memiliki fitur yang cukup dan sesuai dengan keinginan pengguna anda.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pengusaha adalah menghabiskan terlalu banyak waktu dan sumber daya keuangan untuk mengembangkan platform sebelum diluncurkan. Sebaliknya, mereka harus melakukan startup manual pertama dan temukan segala permasalahanya kemudian anda memperbaikinya disadari atau tidak pada saat itulah bisnis anda berkembang.

 

Libatkan pengguna atau konsumen Anda

 

Akhirnya, satu hal yang tidak boleh dilupakan  adalah pentingnya berinteraksi dengan pengguna Anda segera setelah Anda mulai mengerjakan proyek Anda. Dan meluncurkanya.

Christopher Lukezic dari Airbnb menjelaskan hal ini dengan baik dalam wawancara ini. Ketika dia ditanya nasihat apa yang akan dia berikan kepada pengusaha ekonomi berbagi, jawabannya adalah:

– Apa yang saya pelajari dari [pendiri Airbnb] adalah mendengarkan pengguna Anda sejak awal dan melibatkan mereka dalam proses di setiap langkah. Jangan hanya menemui mereka; melibatkan mereka, berbicara dengan mereka, dan mendorong mereka untuk mencari tahu apa masalah dan kebutuhan mereka. Orang sering memulai perusahaan untuk memecahkan masalah mereka sendiri, tetapi, seiring waktu, semua pengusaha mengakui bahwa, untuk menjadi sukses, produk harus dibangun untuk lebih banyak pengguna akhir.

– Orang-orang yang benar-benar berhasil memastikan untuk melibatkan pengguna mereka di setiap perjalanan proyek kita bisa memecahkan masalah yang lebih besar dengan menghadirkan solusi transformatif untuk keberhasilan proyek kita,

Berbicara dengan pengguna Anda dapat memakan banyak waktu, tetapi ini saatnya Anda hanya perlu mengeluarkan uang. Platform yang Anda bangun merupakan bagian penting dari bisnis pasar online, Tingkatkan interaksi dengan  pengguna  karena mereka yang bias menaikan atau menghancurkan bisnis pasar online anda.

 

Mari kita mulai

 

Kita telah bahas hal hal penting yang p-erlu di ketahui dalam membangun sebuah pasar online atau marketplace. Anda tahu keuntunganya tantangannya dan kelemahan kelemahanya. yang terp0enting kita harus memahami betul jenis bisnis apa yang benar benar ingin kita bangun…

 

Saatnya mulai bekerja!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *